Minggu, 21 Juli 2013

Mengembangkan Ide Kreatif Dan Inovatif

Tengoklah steve jobs, Akio Morita, Steve Zuckerberg, Thomas Alpha Edison, dan yang lainnya. Mereka adalah entrepreneur yang selalu berfikir inovatif dan kreatif. Dengan ide-idenya, maka produk-produk yang mereka pasarkan, dan perusahaan yang mereka bangun dapat merajai dan mempengaruhi aktivitas manusia di dunia.


Mungkin kita tidak perlu berfikiran sehebat orang-orang tersebut, akan tetapi jika kita dapat memahami dan mencermati pengertian ide kreatif dan inovatif serta tujuannya, maka bisnis kita akan dapat berkembang setidaknya di tingkat local.
Menurut Coleman dan Hamman, berfikir kreatif adalah berfikir yang menghasilkan metode baru, konsep baru, perencanaan baru, dan seni baru. Orang yang kreatif adalah orang yang cepat menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan sekitarnya. Orang kreatif akan memandang barang yang oleh kebanyaka dianggap tidak berguna menjadi sangat berguna dan memiliki nilai jual.

Kreatifitas dapat diidentifikasi menjadi 3 type:
1. Menciptakan, yaitu proses membuat sesuatu yang belum ada. Misalnya Wright Brothers menciptakan pesawat terbang, atau Mike Zuckerberg menciptakan Facebook yang kini menjadi social media paling popular di dunia.

2. Modifikasi, yaitu meniru sesuatu tetapi sebetulnya berbeda. Misalnya modifikasi Operating System computer untuk digunakan pada telepon genggam. Dari ide modifikasi kreatif ini maka muncullah Android, Windows Phone, iPhone, dan Blackberry.

3. Mengkombinasikan, yaitu menggabungkan dua hal yang sebelumnya tidak berhubungan. Contoh kombinasi kreatif yang brilian adalah Liga Champions Eropa, yang merupakan kombinasi antara aktifitas olahraga sepakbola dengan strategi marketing. Kombinasi dua aktifitas ini menghasilkan format bisnis baru di bidang olahraga.

Inovasi adalah suatu proses pengubahan peluang menjadi gagasan atau ide yang dapat dijual, kadang inovasi berasal dari hal sepele. Contoh inovasi yang cukup sukses bisa dilihat di kasusnya Sony’s Walkman.

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, maka seorang pengusaha harus memiliki kemampuan dalam mengembangkan ide yang kreatif dan inovatif ini. Pengembangan ide ini mungkin tidak dalam waktu yang cepat, akan tetapi ketekunan dan keyakinan akan membuahkan hasil pada sesuatu yang tak terduga.

Para pebisnis biasanya memfokuskan ide-ide kreatif dan inovatifnya kepada:
1. Pembuatan produk atau jasa yang diminati konsumen.
2. Pembuatan produk atau jasa yang dapat memenangi persaingan pasar.
3. Pembuatan dan mendayagunakan sumber-sumber produksi.
4. Mencegah kebosanan konsumen dalam pembelian dan penggunaan produk.

0 komentar:

Posting Komentar